Minggu, 17 Februari 2013

FILOSOFI MATEMATIKA

“Operasi perkalian yang sarat akan kehidupan…..”
Dalam edisi “Filosofi Matematika” ini, aku ingin berbagi sedikit info yang apernah aku baca di debuah komunitas dalam sebuah akun jejaring sosial.
Hmm… ternyata ada beberapa makna yang tersirat dalam rumus matematika yang berhubungan dengan kehidupan. —Tapi, kehidupan siapa tuh? Yang jelas kehidupan manusia di planet Bumi ini lah! Siapa lagi, coba?—
Nah, masih inget ga? Bagaimana rumus perkalian bilangan bulat? —Yang itu tuh? Masih inget, kan? —
Rumus yang ini, lho  : (+) x (+) = (+) ;  (+) x (-) = (-)  ;  (-) x (+) = (-) dan satu lagi yang terakhir (-) x (-) = (+) 
Tahu, kan!
Mari kita bahas satu persatu tentang hubungan rumus matematika dengan kehidupan. —Check it out! —
Pertama, hasil perkalian dari bilangan positif dengan bilangan positif adalah bilangan positif.
Apa hubungannya dengan kehidupan ini?
Dalam kehidupan, hal ini bisa diartikan bahwa sesuatu yang BENAR dan dikatakan dengan BENAR pula, maka itu adalah sesuatu yang baik atau benar. (+) x (+) = (+)
Kedua, jika bilangan positif dikalikan dengan bilangan negatif, ataupun sebaliknya, hasilnya gimana? Bilangan negatif, kan! Hal ini dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang BENAR tapi dikatakan SALAH (begitupun sebaliknya), maka perbuatan ini adalah perbuatan munafik. Perbuatan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Maka dari itu,  perilaku ini adalah sikap yang TIDAK BAIK. (+) x (-) = (-) atau (-) x (+) =(-)
Untuk yang terakhir. Apabila bilangan negatif dikalikan dengan bilangan negatif, hasilnya adalah bilangan positif —bener, ngga? Sama halnya dalam kehidupan ini. Jika ada perbuatan SALAH dan dikatan bahwa hal tersebut memang benar-benar salah, maka itu merupakan perbuatan yang JUJUR. Mengatakan apa adanya, tanpa perlu ada yang harus ditutup-tutupi. Dan ini termasuk perbuatan yang BAIK. (-) (-)= (+)
Nah, itu dia hubungan antara rumus matematika dengan kehidupan. Batapa Maha Besar Allah yang telah menciptakan pelajaran bagi manusia untuk diambil hikmahnya.
­—thanks buat semua yang sudah bersedia membaca artikel di Ern’s Blog ini. Semoga ga kapok ya!
                                                                                    — Jumat, 15 Februari 2013. @Umkul

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © ERN's blog Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger